Home » , » Perbedaan Saham Biasa dan saham Preferen

Perbedaan Saham Biasa dan saham Preferen


jenis saham preferen dan biasa
Catatan maznoer - Perbedaan Saham Biasa dan saham Preferen. Dalam bermain saham kita mengenal namanya saham biasa dan saham preferen. Antara keduanya memiliki perbedaan.  Lalu sudah tahukah Anda perbedan antara saham biasa dan saham preferen tersebut.

Kali ini kami akan membahas perbedaan antara saham biasa dan saham preferen. 

SAHAM BIASA
Satu kelebihan investasi saham biasa,
adalah seorang investor bisa mendapatkan keuntungan atau return yang tak terhingga. maksuda dari tak terhingga disini adalah menyesuaikan dengan kondisi suatu perusahaan penerbitnya.

Jika perusahaan tersebut mampu menghasilkan laba/keuntungan yang besar, maka dividen atau pembagian kepada investornya juga akan besar pula.

Penentuan besar kecilnya  dividen tersebut tidak ada batasan yang pasti, tapi biasanya tergantung pada Rapat Umum Pemegang saham (RUPS). Apakah laba yang yang brsar tersebut akan dialokasikan untuk pembagian dividen atau untuk laba yang ditahan.

Berbeda dengan penghasilan saham biasa, investasi saham preferen lebih mudah menghitung penghasilannya. Karena biasanya, besar pendapatannya bisa diketahui lebih dulu bahkan ada perusahaan yang membayar dividen-nya dengan besar relatif sama setiap tahunnya.

SAHAM PREFEREN
Saham preferen adalah saham yang tidak mempunyai jatuh tempo, maka penghasilan merupakan rasio dari dividen per lembar dengan harga pasar. Dan untuk memnentukan harga pasar atau harga sekarang dari saham preferen, dapat dilakukan dengan membagi dividen dengan discount rate atau suku bunga bank yang berlaku sekarang ini.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!