Home » » Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Osteoarthritis

Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Osteoarthritis

Pengapuran sendi
Catatan MazNoer - Penyebab, Gejala, dan pengobatan Osteoarthritis.  Osteoarthritis atau disebut juga dengan pengapuran sendi yaitu suatu penyakit yang disebabkan oleh menipisnya tulang rawan sendi. Yang mana tulang rawan ini berfungsi melapisi setiap ujung tulang pembentuk sendi, sehingga sendi dapat bergerak bebas tiada rasa nyeri atau sakit.

Pada sendi orang yang terkena penyakit osteoarthritis, tulang rawan berwarna kuning, kasar, dan menipis dan mungkin saja bisa hilang sehingga ujung tulang pembentuk sendi tidak ditutupi lagi oleh tulang rawan. Akibatnya ujung tulang pembentuk sendi akan saling bergesekan sehingga sendi terasa kaku dan sakit.


Penyebab Osteoarthritis


Hingga saat ini belum diketahui penyebab dari penyakit ini, dan dianggap sebagai bagian dari proses penuaan. Berikut faktor resiko terjadinya Osteoarthritis :
- Wanita berusia lebih dari 45 tahun
- Obesitas ( Kelebihan berat badan)
- Aktivitas fisik yang berlebihan
- Menderita penyakit reumatik (rheumatoid arthritis)
- Menderita kelemahan otot paha
- Pernah mengalami patah tulang di sekitar sendi dan tidak mendapat perawatan yang tepat

Gejala Osteoarthritis

Pada stadium awal, gejalanya sendi terasa kaku dan nyeri setelah lama tidak bergerak, seperti setelah duduk dalam waktu yang lama. Sendi terasa sakit bila digunakan beraktivitas, seperti berjalan dalam waktu yang lama, naik turun tangga atau lama berjongkok. Sering terdengar suara "krek-krek" ketika sendi lutut digerakkan. Juga dapat terjadi timbunan cairan sendi yang berlebihan sehingga sendi membengkok.

Pada stadium lanjut, rasa sakit tidak hanya terjadi ketika sedang beraktivitas, tetapi terjadi walaupun disaat kita sedang diam atau beristirahat. Lutut bisa menjadi kaku dan membengkok membentuk huruf O atau X.

Pengobatan osteoarthritis

a. Terapi non obat 
  • menurunkan berat badan
  • Latihan untuk memperkuat dan meningkatkan stabilitas otot paha dan pinggul. Olahraga yang dianjurkan adalah 
  1. Berenang,
  2. Latihan otot paha, dengan cara duduk diatas kursi kemudian lutut diluruskan dan dipertahankan selama kira-kira 10 detik. Bergantian lutut kanan dan kiri. latihan dilakukan sebanyak 50 kali/hari untuk masing2 lutut.
  3. Latihan otot pinggul. Caranya, sambil tiduran terlentang tungkai diangkat setinggi 30derajat - 45 derajat kemudian pertahankan selama 10 detik. lakukan latihan ini sebanyak 50 kali/hari untuk masing-masing tungkai.

b. terapi obat
Jenis obat untuk osteoarthritis atau pengapuran sendi adalah :
  • Obat anti radang dan anti nyeri
  • Obat suplemen yang mengandung Glukosamin dan Kondrotin untuk menumbuhkan tulang rawan
  • Obat penambah pelumas sendi, dengan cara disuntikkan ke dalam sendi.

c. Terapi operasi
Ada 3 jenis operasi untuk osteoarthritis/pengapuran sendi.
  1. Arthroscopic Debridement, yaitu operasi untuk membersihkan dan meratakan permukaan tulang rawan yang kasar dan mencuci ruangan sendi lutut
  2. High Tibial Osteotomy (HTO), yaitu operasi untuk meluruskan kembali sendi lutut yang bengkokdan mencegah kerusakan labih lanjut akibat pengapuran sendi lutut.
  3. Operasi penggantian sendi, yaitu operasi untuk mengganti sendi yang rusak akibat pengapuran sendi dengan sendi buatan.

Sekian dulu info tentang Osteoarthritis, semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa.

 

Sumber : Brosur osteoarthritis (pengapuran sendi) oleh dr. Bambang Kisworo, SpOT. Spesialis Orthopedi & Traumatologi

2 comments:

  1. wah lengkap sekali infonya, thanks for sharing

    ReplyDelete
  2. simpel namun sangat bermanfaat infonya,sehat tulang sehat sendi

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!