Itulah sebagai pertanda bahwa anak didik tidak mempunyai motivasi untuk belajar. Peranan yang dimainkan oelh guru dengan mengandalkan fungsi-fungsi motivasi merupakan langkah yang akurat untuk menciptakan iklim belajar yang kondusif bagi anak didik.
Menurut Syaiful Bahri Djamarah (2008:157) mengemukakan fungsi motivasi dalam belajar, diuraiakan dalam bahasan sebagai berikut:
1. Motivasi sebagai pendorong perbuatan
Mempengaruhi sikap apa yang seharusnya anak didik ambil dalam rangka belajar.
2. Motivasi sebagai penggerak perbuatan
Anak didik sudah melakukan aktivitas belajar dengan segenap jiwa dan raga. Akal pikiran berproses dengan sikap raga yang cenderung tunduk dengan kehendak perbuatan.
3. Motivasi sebagai pengarah perbuatan
Tujuan belajar itu sebagai pengarah yang memberikan motivasi kepada anak didik dalam belajar. Dengan tekun anak didik belajar. Dengan penuh konsentrasi anak didik belajar agar tujuannya mencapai sesuatu yang ingin diketahui/dimengerti itu cepat tercapai.
No comments
Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!