Home » » Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli

Catatan Maznoer - Pengertian belajar menurut para ahli. Apakah Pengertian atau definisi belajar itu?  Dalam penelitian pendidikan, pengertian belajar ini mungkin bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang menyelesaikan proposal, skripsi, atau penelitian-penelitian yang lain. Dalam mendefinisikan pengertian belajar kita tidak boleh asal-asalan, kita harus mengambilnya menurut para ahli.

Nah, disini Maznoer akan memposting artikel tentang pengertian belajar menurut para ahli. Yang diharapkan bisa membantu Anda untuk dijadikan bahan referensi.

Pengertian Belajar Menurut  Skinner (2002:9) belajar adalah suatu perilaku pada saat orang belajar, maka responnya menjadi lebih baik. Sebaliknya, bila ia tidak belajar responnya menurun, dalam belajar ditemukan adanya kesempatan terjadinya peristiwa yang menimbulkan respon pembelajar.

Pengertian Belajar Menurut Slameto (2003:3) mendefinisikan bahwa belajar adalah suatu proses usaha yang dilakan seseorang untnk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamamnya sendiri dalam interaksi dangan lingkungannya

Pengertian Belajar Menurut Herman Hudojo (2005:71) menyebutkan “belajar merupakan suatu proses aktif dalam memperoleh pengalaman atau pengetahuan baru sehingga menyebabkan perubahan tingkah laku”.

(Muhibbin Syah,2010:89) Belajar adalah A relatively permanent change in respons potentiality which occurs as a result of reinforced practice, yaitu suatu perubahan kemampuan bereaksi yang relatif langgeng sebagai hasil praktik yang diperkuat.

Sedangkan Pengertian Belajar Menurut  menurut (Suyono,dkk 2011:9)  Belajar adalah suatu aktivitas atau proses untuk memperoleh pengetahuan, menigkatkan ketrampilan, memperbaiki perilaku, sikap dan mengokohkan kepribadian

Agus Suprijono (2009:2) mengemukakan pendapat dari beberapa pakar pendidikan tentang definisi belajar sebagai berikut :
Pengertian Belajar Menurut  Gagne (dalam Agus Suprijono, 2009:2) belajar adalah perubahan disposisi atau kemampuan yang dicapai seseorang melalui aktivitas. Perubahan disposisi tersebut bukan diperoleh langsung dari proses pertumbuhan seseorang secara alamiah. Sedangkan menurut Geoch (dalam Agus Suprijono, 2009:2) Learning is change in performance as a result of practice. (Belajar adalah perubahan performance sebagai hasil latihan).

Pengertian Belajar Menurut  Harold Spears (dalam Agus Suprijono, 2009:2) Learning is to observe, to read, to imitate, to try something themselves, to listen, to follow direction. (Dengan kata lain, bahwa belajar adalah mengamati, membaca, meniru, mencoba sesuatu, mendengar dan mengikuti arah tertentu). Senada dengan pendapat Harold Spears, Cronbach (dalam Agus Suprijono, 2009:2) menyatakan Learning is shown by a change in behavior as a result of experience. (Belajar adalah perubahan perilaku sebagai hasil dari pengalaman).

Nah, itulah kira-kira beberapa pengertian belajar menurut para ahli. Semoga bermanfaat

2 comments:

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!