Rahasia sukses menjual

Wednesday, November 02, 2011
Catatan Maznoer - Rahasia sukses menjual. MENJUAL ADALAH INTI dari bisnis, Menjual adalah tulang punggung bisnis. Tetapi, menjual ternyata tak sesederhana yang kita pikirkan. Menjual lebih menyerupai seni daripada sains. Karena yang kita hadapi adalah orang, bukan benda mati. Orang-orang itu (calon konsumen kita)adlah benda hidup yang memiliki perasaan, emosi, dan empati. Busines is not about money, it's about people.

 Elizabet Brinton adalah seorang pramuka berusia 13 tahun. Prestasinya mengagumkan, karena dalam usia itu ia berhasil menjual 11.200 kotak biskuit. Ketika di tanya resep jitu keberhasilannya, ia menjawab lugu : "setiap kali menjual, pandanglah mata calon pembeli anda, dan buatlah mereka menjadi iba dan merasa bersalah bila tidak membeli produk yang anda tawarkan."

Salah satu kesalahan dalam menjual adalah bercerita tentang proses pembuatan produk. Seorang salesman akan berkata, "Produk ini di buat dengan tangan (hand made), dengan ketelitian luar biassa, dan menghabiskan 100 jam kerja untuk satu unit produksinya."

Kemudian calon pembeli bertanya, "lantas, apa gunanya barang ini buat saya?" Dan si salesman bingung menjawabnya.

Leo Burnett, tokoh periklanan, menandaskan bahwa kita jangan menceritakan bagaimana hebatnya produk itu dibuat. katanya, ceritakan saja bagaimana hebatnya produk itu bila saya gunakan.

Banyak eksekutif yang menganggap rendah pekerjaan menjual. Padahal, aitulah inti dari bisnis. Kevin Plank, Chairman dan CEO Under Armour menceritakan kisah uniknya.

"Biasanya, saya selalu membawa dua kartu nama. Pada kartu nama yang pertama tertera KEVIN PLANK, PRESIDENT. Saya memberikan kartu yang ini ke vendor dan orang-orang pabrik agar mereka tahu pada siapa harus datang jika mereka membutuhkan bayaran. Pada kartu yang lain hanya tertera SALES MANAGER. Ketika sedang melakukan penjualan, pelanggan ingin berpikir bahwa ada sumber daya yang lebih besar di belakang saya, baru mereka mau berinvestasi. Anda tidak berbohong, tetapi memberi kesan bahwa ada tim yang besar di belakang anda. Penjualan pertama saya adalah kepada Georgia Tech. untuk memercayakan bocah umur 23 tahun duduk di sana dan berjualan, mereka membutuhkan kepercayaan kepada perusahaan yang lebih besar."

Eksekutif terbaik mengerjakan penjualannya sendiri. Simaklah pengalaman BOb Parsons, CEO dan pendiri GoDaddy.com, "saya memulai usaha dengan mendirikan Parsons Technology. Saya menciptakan finance software yang bernama MoneyCounts dan memassarkannya dengan harga $99. Awalnya saya memiliki tabungan $15.000 dan ludes semua. Tahun kedua, saya turunkan harganya menjual $49 dan tidak laku lagi. Tahun ketiga, saya membuat iklan yang berbunyi, "MoneyCount.... but only costs $12!" Iklan itu berhasil. Pada akhirnya saya bisa mendulang US$ 64 juta saat menjual Parsons Technology."

Apa rahasianya/ Mark Cuban menjawab, " ini bukan perkara berapa berapa banyak uang yang anda miliki. Saya memulai usaha saya dengan modal limaribu dolar dan berhasil mengumpilkan $6 juta. Lalu, memulai lagi dengan modal $10.000 dan berhasil mendapatkan $5,7 juta. Bill Gates, Michael Dell, dan lain-lain membangun kerajaannya dengan modal keringat. Buatlah usaha anda berhasil dengan satu-satunya cara : kerja keras!"

Di balik angka-angka spektakuler multijutaan dolar, ada sebuah proses dan kerja keras. ******

Salam Sukses

Source : Sinardunia12.com

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
KOMENTAR
  • Maaf, kolom komentar dinonaktifkan sementara.

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!