Khasiat Kunyit bagi Kesehatan

Monday, July 02, 2012
khasiat kunyit
Catatan Maznoer - Manfaat kunyit bagi kesehatan. Indonesia dari dulu memang terkenal kaya akan rempah-rempah. Salah satunya adalah kunyit. Kunyit sudah terkenal akan khasiatnya dalam kesehatan, pengobatan dan menambah kelezatan makanan. Terus, apa saja sih contoh  khasiat-khasiat dari kunyit itu?

Untuk itu, kali ini kita akan mengulas beberapa khasiat kunyit untuk kesehatan dan pengobatan.

1. Kunyit berkhasiat untuk memperlancar ASI.

Bahan : 1 rimpang kunyit ditumbuk sampai halus dan dibalurkan di seputar payudara setiap 2 hari terutama pada awal menyusui.

2. Memperlancar haid.

Bahan : 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh ketumbar, 1/2 sendok teh biji pala, 1/2 genggam daun srigading. Kemudian semua bahan tersebut ditumbuk halus dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih. kemudian saring dan dinginkan.
Minum 1 gelas sehari.

3. Mengatasi sakit keputihan.

Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula aren. Caranya : Semua bahan tersebut direbus dengan seliter air sampai mendidih, kemudian saring dan dinginkan.
Minum 1 gelas sehari.

4. Kunyit berkhasiat untuk mengatasi perut mulas saat haid.

Bahan : 1 rimpang kunyit, 1 rimpang jahe , 2 rimpang kencur (masing-masing sebesar 4 cm). Caranya : Semua bahan dicuci hingga bersih kemudian parut, dan ambil airnya. tambahkan perasan jeruk nipis, diseduh dengan setengah gelas air panas, kemudian saring.
Tambahkan garam dan gula sesuai selera. mkinumlah saat hari pertama haid.

5. Kunyit juga berkhasiat untuk mengatasi diabetes mellitus.
Bahan : 3 rimpang kunyit + 1/2 sendok teh garam. Caranya : Bahan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian saring dan dinginkan. Minumlah @ setengah gelas 2x seminggu.

6. Kunyit berkhasiat untuk menyembuhkan sakit Tifus
Bahan : 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto. caranya : Semua bahan ditumbuk halus, tambahkan 1 gelas air hangat, aduk rata kemudian disaring.
Diminum sekali sehari selama 1 minggu.



Khasiat-khasiat kunyit untuk kesehatan dan pengobatan diatas bersumber dari Khasiat kunyit silahkan kunjungi  link untuk lebih jelas dan lengkapnya.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
KOMENTAR
  • Maaf, kolom komentar dinonaktifkan sementara.

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!