Home » » Penyebab, Gejala, dan Pencegahan Penyakit Stroke

Penyebab, Gejala, dan Pencegahan Penyakit Stroke

Catatan maznoer - Penyebab, gejala, dan pencegahan penyakit stroke. Penyakit stroke bisa menjadi penyatikan mematikan nomor 3 setelah jantung dan kanker. Bahkan tidak hanya orang yang sudah tua saja yang bisa terkena penyakit stroke ini, yang masih muda pun bisa terkena serangannya.

Stroke termasuk penyakit serebrovaskuler (pembuluh darah otak) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Berkurangnya aliran darah dan oksigen ini bisa dikarenakan adanya sumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah di Otak. Kurangnya darah ke otak menimbulkan reaksi Biokimia yang dapat merusak bahkan mematikan sel-sel otak.





Seperti pada judul artikel ini "Penyebab, Gejala, dan Pencegahan Penyakit Stroke" maka di kesempatan kali ini maznoer ingin sedikit mengulas tentang penyakit ini mulai dari penyebab, gejala , dan pencegahan penyakit stroke untuk menambah pengetahuan.

Penyebab Penyakit Stroke

Faktor-faktor yang menjadi penyebab penyakit stroke terbagi 2 jenis, yaitu faktor medis dan faktor resiko perilaku.

Faktor medis, meliputi : Hipertensi, Kolesterol, Gangguan jantung, diabetes, Keturunan, Migrain.

Faktor resiko perilaku, meliputi : Merokok, Makanan tidak sehat food,  , Alkohol, Kurang olahraga, Mendengkur, Kontrasepsi oral, Narkoba, Obesitas.

Gejala penyakit Stroke
Berdasarkan lokasinya di tubuh, gejala-gejala stroke terbagi menjadi berikut:

1. Bagian sistem saraf pusat : Kelemahan otot (hemiplegia), kaku, menurunnya fungsi sensorik
2. Batang otak, dimana terdapat 12 saraf kranial: menurun kemampuan membau, mengecap, mendengar, dan melihat parsial atau keseluruhan, refleks menurun, ekspresi wajah terganggu, pernafasan dan detak jantung terganggu, lidah lemah.
3. Cerebral cortex: aphasia, apraxia, daya ingat menurun, hemineglect, kebingungan.

Jika tanda-tanda dan gejala tersebut hilang dalam waktu 24 jam, dinyatakan sebagai Transient Ischemic Attack (TIA), dimana merupakan serangan kecil atau serangan awal stroke. Apabila masih gejala awal tentunya gejala Stroke bisa dicegah.

Pencegahan Penyakit Stroke

"Mencegah lebih baik daripada mengobati". maka dari itu hal yang paling tepat dilakukan agar tidak terkena penyakit stroke adalah mencegahnya. Berikut adalah beberapa tips mencegah penyakit stroke.
   1. Menjaga pola makan, makanlah makanan yang bergizi
   2. Hindari alkohol
   3. Rajin berolahraga, bisa dilakukan dengan olahraga yang murah yaitu lari marathon tiap hari
   4. Hindari Merokok, bagi perokok  yang ini yang sulit, baca tips berhenti merokok
Semoga dengan melakukan tips-tips pencegahan stroke diatas, kita bisa terhindar dari bahaya penyakit stroke ini. Terakhir, kami hanya bisa berdoa agar kita semua selalu diberi kesehatan dan ceria dalam mengerjakan pekerjaan kita sehari-hari.

Sumber


1 comments:

  1. orangtua ku kena stroke udah satu tahun tetapi belum ada perubahan sama sekali

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!