Teknik Pengajaran Membaca

Sunday, July 15, 2012
Catatan maznoer - Teknik Pengajaran Membaca.  Banyak usaha dan penelitian yang telah dilakukan untuk mengembangkan teknik pembelajaran atau pengajaran membaca yang baik dan efektif. Beberapa teknik pembelajaran membaca yang populer diterapkan dapat disebutkan berikut ini (Harmer, 2001: 210-227; Suyatno, 2004; Anderson, 2003).
Teknik Pengajaran Membaca

  •  Membaca cepat : teknik yang mengajak siswa membaca sebuah bacaan dalam waktu tertentu yang harus diselesaikan. Dengan teknik ini siswa diharapkan termotivasi untuk gemar membaca, mengatasi repitisi, dapat menggunakan cara baca sistem lompat kodok, dan dapat menggunakan suatu petunjuk sebagai penentu kecepatan.
  •  Membaca bergantian: yakni mengajak siswa membaca dengan suara, intonasi, dan pelafalanya sendiri dengan tepat secara bergantian dengan pasangannya.
  •  Presenter: teknik ini bertujuan agar siswa dapat melisankan teks layaknya presenter atau MC dengan lafal, intonasi, dan tanda baca yang terukur.
  • Membaca teks pidato: mengajak siswa untuk mempresentaskan teks pidato dengan cara membacanya.
  •  Membaca berita: siswa diajak menyampaikan informasi dengan intonasi dan nada yang sesuai.
  • Membaca intensif: siswa dapat memahami bacaan secara intensif, tanpa bersuara, dan tuntas.
  • Membaca ekstensif: siswa diajak untuk mengintegrasikan isi berbagai bacaan dengan topik serupa dan dapat menjelaskan inti bacaan tersebut.
  • Membaca kritis: siswa diajak memberikan komentar mengenai apa yang mereka baca.
  • Membaca memindai: teknik ini mengajak siswa menemukan secara cepat kata-kata tertentu yang dianggap penting dalam bacaan.
  •  Memberi catatan bacaan: siswa diharapkan dapat membuat catatan dengan memberikan kalimat kunci dalam bacaan.
  • Mengubah bacaan ke dalam gambar: teknik ini mengajak siswa untuk memaknai bacaan dengan cara membuat gambar menurut persepsinya.

Demikianlah sedikit ulasan tentang teknik pengajaran membaca, semoga bermanfaat untuk semuanya...

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
KOMENTAR
  • Maaf, kolom komentar dinonaktifkan sementara.

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!