Metode Pembelajaran Guided Note Taking

Friday, February 08, 2013

Metode Pembelajaran Guided Note Taking | Dalam pembelajaran ada suatu metode yang cukup populer yaitu metode Guided Note taking (Catatan Terbimbing) dalam tehnik yang populer ini, anda menyediakan formulir atau lembar yang telah dipersiapkan. Lembar ini mengintruksikan siswa untuk membuat catatan sewaktu anda mengajar. Gerak fisik yang minimal seperti inipun akan lebih melibatkan siswa daripada sekedar menyediakan buku pegangan yang lengkap.

Prosedur Guided Note Taking (membuat catatan terbimbing).
Hisyam zaini, Bermawy Munthe, dan Sekar Ayu Aryani (2008:32) memberikan pendapat sebagai berikut:
(1)    beri peserta didik panduan yang berisi ringkasan poin-poin utama dari materi pelajaran yang akan anda sampaikan dengan strategi ceramah,
(2)    kosongkan sebagian dari poin-poin yang anda anggap penting sehingga akan terdapat ruang-ruang kosong dalam panduan tersebut,
(3)    beberapa cara yang dapat dilakukan adalah:
         a.    berikan suatu istilah dengan pengertiannya; kosongkan istilah atau definisinya,
         b.    kosongkan beberapa pernyataan jika poin-poin utamanya terdiri dari beberapa pernyataan,
         c.    menghilangkan beberapa kata kunci dari sebuah paragraf,
         d.    dapat juga dibuat bahan ajar (handout) yang tercantum didalam sub-topik dari materi pelajaran anda. Beri tempat kosong yang cukup sehingga peserta didik dapat membuat catatan didalamnya,
(4)    bagikan bahan ajar (handout) yang anda buat kepada peserta didik. Jelaskan bahwa anda sengaja menghilangkan beberapa poin penting dalam handout dengan tujuan agar peserta didik tetap berkonsentrasi mendengarkan pelajaran yang akan anda sampaikan,
(5)    setelah selesai menyampaikan materi, minta peserta didik untuk membacakan hasil catatannya,
(6)    berikan klasifikasi.

Prosedur dari strategi ini adalah guru mempersiapkan sebuah handout yang menyimpulkan tentang poin penting dari materi pelajaran yang akan disampaikan. Sebagai ganti dari memberikan teks yang lengkap, guru membuat bahan pelajaran singkat yang di dalamnya ada bagian-bagian tertentu yang dikosongkan. Siswa menyampaikan hasil temuan atau jawabannya dari pertanyaan yang diberikan.

Sebagai contoh :
Dalam Islam ada dua hal yang dijadikan sebagai sumber ajaran, yaitu …….. dan ……….. Sumber yang pertama diturunkan oleh Allah pada tanggal ….. Ramadhan. Sumber kedua berupa sunnah Nabi yang berupa perbuatan atau ………, perkataan atau ………., dan ketetapan atau …………

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
KOMENTAR
  • Maaf, kolom komentar dinonaktifkan sementara.

3 comments

aslm... gan ... klo boleh tau buku yang bahas mengenai GNT, bukunya siapa aja ya...? lg butuh referensi nieh... thanks be4...:-?

Balas

Waduh,, Maznoer lupa gan... Cari aja di perpus,, Insya Allah banyak buku referensi disana...

Balas

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!