REACT (base on Center for Occupational Research & Development )
MAHCAS (base on Northwest Regional Education Laboratory )
CQILMR A( base on The Washington State Consortium for Contextual Teaching and Learning, 2001).
TUJUH PILAR PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (Contextual teaching and learning):
Konstruktivisme (Constructivism)
Bertanya ( Questioning)
Menemukan (Inquiry)
Masyarakat belajar (Learning community)
Pemodelan (Modeling)
Refleksi (Reflection)
Penilaian sebenarnya (Authentic Assesment)
STRATEGI PEMBELAJARAN YANG TERMASUK DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL:
1. CBSA
2. PENDEKATAN PROSES
3. LIFE SKILLS EDUCATION
4. AUTHENTIC INSTRUCTION
5. INQUIRY BASED LEARNING
6. PROBLEM BASED LEARNING
7. COOPERATIVE LEARNING
8. SERVICE LEARNING
LIMA ELEMEN BELAJAR YANG KONSTRUKTIVISTIK
1.Pengaktifan Pengetahuan yang sudah ada (Activating knowlwdge)
2. Pemerolehan pengetahuan baru (Acquiring knowledge)
3. Pemahaman pengetahuan (Understanding knowledge)
4 Mempraktekkan pengetahuan dan pengalaman (Applying knowledge)
5. Melakukan refleksi (Reflecting knowledge) terhadap strategi pengembangan pengetahuan tersebut
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS
1. Kembangkan pemikiran bahwa siswa akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, menemukan sendiri, dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya
2. Laksanakan sejauh mungkin kegiatan inkuiri untuk semua topik
3. Kembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya
4. Ciptakan masyarakat belajar (Belajar dalam kelompok)
5. Hadirkan model sebagai contoh pembelajaran
6. Lakukan refleksi akhir pertemuan
7. Lakukan penilaian yg sebenarnya dengan berbagai cara
Sumber : Drs.Wawang Hoetawarman,MPd