Home » » Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan

 Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan - Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran dan jumlah sel serta jaringan interseluler, yang berarti bertumbuhnya ukuran fisik dan struktur tubuh sebagian atau keseluruhan, sehingga dapat di ukur dengan satuan panjang dan berat. Sedangkan perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus ,bicara bahasa serta sosialisasi dan kemandirian.Pertumbuhan terjadi secara simultan dengan perkembangan.  Berbeda dengan pertumbuhan , perkembangan merupakan hasil interaksi kematangan saraf pusat dengan organ yang dipengaruhinya, misalnya perkembangan sistem neuromuskuler , kemampuan bicara , emosi dan sosialisasi. Kesemua fungsi tersebut berperan penting dalam kehidupan manusia yang utuh.

Ciri-ciri dan prinsip-prinsip tumbuh kembang anak
Proses tumbuh kembang anak mempunyai beberapa ciri-ciri yang saling berkaitan ciri-ciri tersebut, sebagai berikut :
1.    Perkembangan menimbulkan perubahan.
Perkembangan terjadi bersamaan dengan pertumbuhan, setiap perubahan disertai dengan peruba han fungsi. Misalnya,perkembangan intelegensia pada seorang anak akan menyertai pertumbuhan otak dan serabut saraf.

2.    Pertumbuhan dan perkembangan pada tahap awal menentukan perkembangan selanjutnya
Setiap anak tidak akan bisa melewati satu tahap perkembangan sebelum ia melewati tahapan sebelumnya. Misalnya, seorang anak tidak akan bisa jalan sebelum ia bisa berdiri.

3.    Pertumbuhan dan perkembangan mempunyai kecepatan yang berbeda.
Sebagaimana pertumbuhan, perkembangan mempunyai kecepatan yang berbeda-beda baik dalam pertumbuhan fisik maupun perkembangan fungsi organ dan perkembangan pada masing-masing anak.

4.    Perkembangan berkorelasi dengan pertumbuhan.
Pada saat pertumbuhan berlangsung cepat,perkembanganpun demikian, terjadi peningkatan mental, memori, daya nalar asosiasi dan lain-lain. Anak sehat bertambah umur, bertambah berat, tinggi badanya, serta bertambah kepandaianyya.

5.    Perkembangan mempunyai pola yang tepat
Perkembangan fungsi organ tubuh terjadi menurut 2 hukum yang tetap yaitu :
a.    Perkembangan terjadi lebih dahulu di daerah kepala, kemudian menuju kearah anggota tubuh (pola cefalokaudal.)
b.    Perkembangan terjadi lebih dahulu didaerah proksimal (gerak kasar ) lalu kaudal anggota tubuh (pola sefalokaudal ) berkembang ke bagian distal seperti jari-jari mempunyai kemampuan gerak halus ( pola proksimal distal )


6.    Perkembangan memiliki tahapan yang berurutan
Tahap perkembangan seorang anak mengikuti pola yang teratur dan berurutan. Tahap-tahap tersebut tidak bisa terjadi terbalik misalnya, anak terlebih dahulu mampu membuat lingkaran sebelum mampu membuat gambar kotak.

Proses tumbuh kembang anak akan mempunyai prinsip-prinsip yang saling berkaitan. Prinsip-prinsip tersebut adalah sebagai berikut :
1.    Perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan belajar.
Kematangan merupakan proses intrinsikyang terjadi dengan dirinya, sesuai dengan potensi yang ada pada individu. Belajar merupakan perkembangan yang  berasal dari latihan dan usaha.
2.    Pola poerkembangan dapat diramalkan atau diprediksi.
Terdapat persamaan pola perkembangan bagi semua anak, dengan demikian perkembangan seorang anak dapat diramalkan. Perkembangan berlangsung dari tahapan umum ke tahapan spesifik, dan terjadi berkesinambungan.

Dari berbagai sumber

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!