Efek Shisa bagi Kesehatan

Catatan maznoer -  Efek Shisa bagi kesehatan | Dampak penikmat shisa untuk kesehatan. Mungkin ada suatu anggapan bahwa shisa itu tidak berbahaya bagi kesehatan. Karena shisa hanya dihisap sampai rongga mulut tidak sampai paru-paru. Benarkah anggapan itu?

Sebenarnya shisa itu hampir sama dengan rokok yaiu sama-sama menghisap tembakau. Maka dari itu penghisap shisa bepotensi sama dengan rokok. Yaitu, impotensi gangguan kehamilan, dan kanker. Khusus untuk paru-paru antara lain bronkitis, emphisema (paru-paru molor). dan kanker paru.
    Karena shisa berbahan dasar tembakau. coba kita lihat penyakit apa saja yang ditimbulkan dari tembakau, di dalam ada beberapa racun yang bisa merusak kesehatan tubuh. Diantaranya nikotin, karbondioksida, merkuri hidrogen, sianida, arsen, dan tar. Racun itu bisa menjadi molekul radikal bebas yang mematikan sistem pertahanan tubuh di salura penapasan.

     Ada anggapan bahwa penghisap shisa itu bisa lebih bebahaya dari merokok. Karena penghisap shisa setara dengan 70 penghisap rokok biasa. Dan kandungan tar dari asap  shisa sama dengan 27- 102 batang rokok. Menghisap shisa sama dengan menghirup karbonmonoksida (gas asap knalpot) atau seperti yang terkandung dalam 15-52 batang rokok.

     Maka dari itu shisa bukanlah gaya hidup yang sehat dan dianjurkan untuk di hindari.

Artikel Terkait

Maznoer, Sang Pengusaha Muda

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!
EmoticonEmoticon