Tips Pola Tidur Sehat


Tips Pola Tidur Sehat
"Akhir-akhir ini, semakin orang menyadari pentingnya arti kualitas tidur. Kualitas tidur merupakan kebutuhan mutlak terutama bagi para pekerja keras seperti eksekutif atau profesional. Kebutuhan tersebut sama pentingnya dengan makanan bergizi dan olah raga. Bahkan lebih dari pada itu, kualitas pola tidur sehat adalah sumber kesegaran, daya konsentrasi, tenaga dan vitalitas yang membuat kita mampu untuk mengoptimalkan produktivitas dan prestasi kerja"
10 Tips Pola Tidur Sehat
1.      Disiplin : Keteraturan Dan Keseimbangan
2.      Olah Raga Secara Teratur
3.      Kurangi Zat Perangsang
4.      Ciptakan Ritualisme Dalam Tidur
5.      Hindari Merokok
6.      Hindari Minum Alkohol
7.      Utamakan Kualitas Tidur, Bukan Kuantitas Tidur
8.      Buat Rencana Kerja Sebelum Tidur
9.      Jangan Berangkat Tidur Dalam Keadaan Lapar atau Kekenyangan
10. Gunakan Hanya Kasur Yang Ideal

1.      Disiplin : Keteraturan Dan Keseimbangan
Cara terbaik menikmati istirahat malam adalah dengan selalu tidur pada waktunya. Jika tidur terlalu pagi dan bangun keesokan harinya, maka Anda akan mengalamni semacam gangguan yang biasanya dinamakan "jet lag". Seperti halnya orang yang baru pulang dari bepergian menggunakan pesawat udara dari negara dengan perbedaan waktu yang banyak. Agar "jam biologis" tubuh anda tetap, bangunlah pada waktu yang kurang lebih sama, tidak peduli apakah anda merasa cukup tidur atau tidak.
Usahakan untuk menjaga keteraturan dalam berangkat maupun bangun tidur baik pada hari-hari kerja, maupun hari-hari libur. Seandainya anda tidak tidur pada hari Sabtu malam tetapi baru tidur kemudian menjelang Minggu pagi, maka anda akan mengalami yang dinamakan "Insomnia Minggu Malam", dan yang terjadi adalah anda akan merasa demikian sulit memejamkan mata pada Senin dini hari, atau keesokan harinya - semakin dicoba, bahkan semakin sulit. Kalaupun hal ini terjadi misalnya anda harus bepergian jauh, maka satu-satunya jalan adalah mencari kemungkinan untuk anda "menebus"nya, sesudah itu kembalilah pada konsep keteraturan. Berangkat maupun bangun tidur sesuai jadwal yang telah anda tentukan sebelumnya dan makan seperti yang biasa anda lakukan.

2.      Olah Raga Secara Teratur
Olah raga yang cukup dan teratur merupakan obat mujarab untuk menetralisir ketegangan yang anda alami baik ketegangan fisik maupun pikiran. Hal ini sedikit banyak akan membantu meningkatkan kualitas tldur anda. Biasanya orang yang berbadan bugar jauh lebih dapat menikmati tidur ketimbang mereka yang jarang berolah raga. Ini bukan berarti anda harus berolah raga sedemikian rupa sampai anda merasa kelelahan, cukup misalnya berjalan kaki selama 20 sampai 30 menit. Cara lain adalah dengan berenang atau bersepeda sedikitnya tiga kali dalam seminggu - paling tidak untuk menjaga kelancaran peredaran darah di jantung harus menjadi bagian dari aktivitas anda.
Jangan terlambat berolah raga. Bila ada urusan-urusan yang harus diselesaikan, sebaiknya gunakan waktu pada petang hari untuk menyelesalkan segala macam urusan anda setelah anda selesai berolah raga. Waktu yang ideal untuk berolahraga adalah pagi atau sore hail atau maksimum menjelang petang.

3.      Kurangi Zat Perangsang
Orang-orang Amerika Utara cenderung mengkonsumsi kopi sampai dengan 400 juta gelas sehari. Belum lagi ekstra kafein dari teh, minuman cola, dan coklat. Kalau anda adalah seorang peminum kopi, sebaiknya anda minum kopi enam atau delapan jam sebelum waktu anda tidur. Biasanya efek rangsangan dari kafein akan bekerja sedikitnya dua sampai empat jam kemudian. Minum kopi pada petang hari bagi kebanyakan orang biasanya akan membuatnya sulit memejamkan mata saat berangkat tidur.
Kafein bukanlah satu-satunya pengganggu tidur anda. Tirosin, zat yang biasanya ditemukan pada coklat seringkali akan membuat jantung anda senantiasa berdebar-debar pada malam hari. Pil-pil untuk diet biasanya juga mengandung perangsang yang membuat anda sulit memejan-ikan mata. Ada jenis obat-obatan tertentu yang interaksinya juga terkadang berpengaruh pada pola tidur anda. Jika anda terpaksa harus minum obat-obat tertentu, mintalah petunjuk dokter apa dampaknya pada pola tidur anda.

4.      Ciptakan Suasana Baik Dan Ritualisme Dalam Tidur
Jaga kelembaban atau suhu udara di kamar tidur anda sehingga anda merasa cukup nyaman. Ciptakan kondisi ruang tidur anda sedemikian rupa sehingga cukup memungkinkan untuk disinari oleh cahaya matahari.
Sebelum berangkat tidur, sebaiknya anda menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat mengganggu pikiran anda. Seperti halnya anak-anak yang begitu mudah "berpindah alam" dengan melakukan aktivitas yang dilakukannya berulang-ulang seperti berdoa atau membaca buku cerita menjelang tidur, demikian juga orang dewasa.
Ritualisme dapat diaplikasikan dengan berbagai variasi misalnya meregangkan otot-otot, atau membasuh badan dengan air hangat. Atau Barangkali anda dapat pula mendengarkan musik lembut sambil membaca bacaan ringan. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan cahaya atau penerangan dalam ruang tidur anda.

5.      Jangan Merokok Menjelang Tidur
Nikotin sesungguhnya adalah zat yang memberi pengaruh lebih kuat ketimbang kafein. Dari beberapa studi yang dilakukan, perokok berat seringkali mengalami gangguan tidur. Hal ini disebabkan pengaruh nikotin.
Mereka yang rata-rata menghabiskan dua bungkus rokok setiap harinya hanya akan menikmati separuh dari waktu tidurnya dengan terjaga. Sebaliknya hasil studi lain menunjukkan mereka yang telah berhenti merokok, secara secara dramatis mengalami perubahan pola tidur yang lebih baik.

6.      Jangan mengkonsumsi Alkohol
Alkohol konon adalah alat bantu tidur yang ampuh. Hal ini mungkin benar, akan tetapi yang perlu anda ketahui adalah bahwa kualitas tidur yang diperoleh tidaklah seperti yang diharapkan. Anda hanya akan menikmati tidur yang semu karena pada saat anda bangun anda akan merasa sedemikian lelah.
Malahan, bagi kebanyakan orang yang "berpenyakit" sulit tidur, terlalu banyak minum alkohol terkadang membuatnya sering terjaga pada malam hari.

7.      Utamakan Kualitas, Bukan Kuantitas
Pernahkah anda merasakan atau membayangkan menikmati tidur "hanya" beberapa jam dengan baik tetapi dapat membuat anda merasa seperti tidur berjam-jam, sehingga pada saat anda bangun, anda bahkan tampak lebih bugar ketimbang mereka yang tidur bejam-jam tetapi dengan tidak memkmatinya. Manfaat lain bila anda mengutamakan kualitas tidur, tentunya anda akan mempunyai jam-jam ekstra untuk melakukan berbagal kegiatan.
"Pada umumnya, orang dewasa yang sering terkantuk kantuk pada siang hari, bukan menderita penyakit fisik maupun psikis, tetapi faktor penyebabnya justru biasanya adalah karena tidak dapat menikmati tidurnya dengan baik, walaupun memiliki jam tidur yang normal". Demikian Menurut Dr. Sonia Ancoli-Israel, Director of The Sleep Disorders Clinic, The San Diego Veterans Affairs Medical Center.
Memang, setiap orang mempunyai pola tidur yang berbeda-beda. Apabila orang lain membutuhkan delapan jam tidur, sementara anda hanya membutuhkan lima jam, janganlah kemudian menduga bahwa anda mengalami insomnia. Hal tersebut adalah wajar. Yang perlu anda ketahui, kasur atau tempat tidur adalah salah satu faktor dominan dalam menentukan kualitas tidur.

8.      Buat Rencana Kerja Sebelum Tidur
Satu hal yang perlu anda lakukan menjelang tidur adalah pikirkan rencana-rencana apa saja yang sekiranya akan anda lakukan esok hari. Buatlah daftar sehingga memudahkan anda untuk mengingat kembali. Catatlah hal-hal yang membuat anda menjadi ragu atau khawatir dan langsung tuliskan beberapa kemungldnan atau alternatif pemecahannya. Apabila ada hal-hal yang membuat anda menjadi gusar, jangan sampai terbawa tidur, katakan kepada diri anda sendiri bahwa anda akan menyelesaikannya keesokan harinya.

9.      Jangan Berangkat Tidur dalam Keadaan Lapar Atau Kekenyangan
Santap malam yang berlebihan biasanya akan memacu anda untuk terus bekerja, sehingga tanpa terasa waktu berjalan terus dan akhirnya anda mulai merasa lelah dan mengantuk, anda akan tertidur. Tetapi anda tertidur karena kelelahan dan bukan pada jam atau waktu anda tidur. Situasi yang demikian harus anda hindari. Hindari juga kacang-kacangan atau buah-buahan yang mengandung gas seperti durian. Hindari pula makanan-makanan kecil yang kandungan lemaknya cukup tinggi, karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.
Bila anda sedang diet, jangan pergi tidur dalam keadaan lapar. Perut yang keroncongan justru akan menyulitkan anda untuk memejamkan mata. Untuk mengatasinya, makanlah atau lebih balk buah-buahan yang rendah kalori seperti pisang atau apel.

10.  Gunakan Hanya Kasur Yang Ideal
a. Kasur lateks
lbarat olah raga seluncur es. Bila ingin berseluncur es dengan baik, anda tentu membutuhkan papan seluncur yang baik. Bila anda ingin tidur dengan baik, mutlak untuk anda menggunakan tempat tidur atau kasur yang baik pula. Di Indonesia, pada umumnya ada 4 (empat) jenis kasur.
Pertama adalah kasur kapuk, kedua adalah kasur busa poliuretan (sponge). Ketiga adalah kasur pegas dan yang terakhir adalah yang disebut dengan kasur lateks. Bila kasur kapuk menggunakan buah pohon randu sebagai bahan bakunya. kasur busa poliuretan (sponge) menggunakan busa kimiawi yang dinamakan "poliuretan", kasur pegas menggunakan perpaduan pegas dan poliuretan (sponge), maka kasur lateks menggunakan bahan baku alam berupa cairan lateks .(bahan dasar pembuat karet) yang diolah sedemikian rupa menyerupai busa dan memiliki berjuta rongga-rongga udara yang berfungsi untuk kesempurnaan sirkulasi udara.
Seperti halnya penggunaan kasur lateks di negara-negara di daratan Eropa maupun Amerika yang sudah sedemikian memasyarakat, di Indonesia juga sudah banyak orang Yang mengenal dan mengerti arti pentingnya manfaat kasur lateks dalam meningkatkan kualitas tidur mereka.
b. Delapan Keistimewaan
Ada delapan cirl paling menonjol dari kasur lateks yang tidak dimiliki oleh kasur jenis lain yang memberi kenyamanan yang prima dan tingkat higienitas yang tinggi.
Nyaman karena kasur lateks bersifat lentur (bukan empuk) dapat menopang secara sempurna mengikuti bentuk tubuh. Hal lni tentunya akan mencegah timbulnya nyeri pungg-tmg pada saat bangun tidur. Sangat higienis karena sifat dasar lateks itu sendiri adalah sebuah media yang terbukti menurut penyelidikan para ahli, tidak memungkinkan bakteri atau mikro-organisme hidup lebih dari 12 (dua belas) jam. Faktor lain yang membuat kasur lateks ini higienis adalah sifat lateks yang sejuk (tidak panas), karena pada dasarnya lateks tidak terpengaruh oleh perbedaan suhu udara dan kelembaban. Keuntungan lain dari kasur lateks adalah kemudahan perawatannya karena tidak perlu dijemur atau dibalik. Sehingga tidak ayal, untuk meningkatkan kualitas tidur, kasur tateks adalah pilihan terbaik.
Jadikanlah hal-hal tersebut di atas menjadi kebiasaan dan bagian dari gaya hidup anda karena kualitas hidup anda banyak dipengaruhi oleh kualitas pola tidur anda. Karenanya, jangan anggap sepele persoalan yang nampaknya sederhana yang dinamakan kualitas tidur.

Artikel Terkait

Maznoer, Sang Pengusaha Muda

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!
EmoticonEmoticon