Cara menambah tinggi badan

Cara Menambah Tinggi Badan - Bagi sebagian orang, tinggi badan merupakan sesuatu hal yang amat penting. Orang yang  tinggi badannya kurang atau  pendek, dia cenderung  minder dari temannya yang bertubuh lebih tinggi dari dia. Maka perlu cara untuk bisa menambah tinggi badannya lagi, tentung dengan cara yang alami dan tanpa efek samping.


Sebenarnya tinggi badan tidak hanya dipengaruhi faktor genetik. Tetapi, juga sangat dipengaruhi oleh hormon pertumbuhan (growth hormon).
Kita tidak perlu memakai hormon pertumbuhan dari luar, tubuh akan memproduksinya 1-2 jam pertama saat tidur.
 

Cara menambah tinggi badanPertumbuhan tinggi badan dimulai saat awal pubertas sampai lempeng pertumbuhan pada tulang panjang menutup. Pada laki-laki biasanya sampai umur 18-22 tahun, dan pada perempuan sampai 15-18 tahun.
Beberapa orang masih tumbuh hingga umur 22-25 tahun, lebih dari umur tersebut akan sulit.
 

Cara menambah tinggi badan secara alami adalah berolahraga secara teratur 2-3 kali/minggu. Diantaranya berenang, basket, voli, bersepeda,  body streching, serta pilates. saat berolahraga, tubuh memproduksi hormon pertumbuhan. bahan itu merangsang pertumbuhan tulang dan rawan sendi (cartilage).
 

Memenuhi kebutuhan nutrisi selama berolahraga akan memacu pertumbuhan. tidur yang cukup selama 8 jam setiap malam akan memaksimalkan kerja hormon pertumbuhan. cara itu akan maksimal bila lempeng pertumbuhan belum menutup.
 

Ada juga penambahan tinggi badan dengan operasi, adalah dengan memotong tulang panjang. kemudian tulang tersebut akan di dekatkan lagi dengan celah tertentu untuk merangsang pertumbuhan tulang. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, ortopedi, atau ahli gizi.

Sumber : Harian Jawa Pos edisi Sabtu 28 mei 2011, hal 26

Artikel Terkait

Maznoer, Sang Pengusaha Muda

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!
EmoticonEmoticon