Home » » PROSES PEROLEHAN NUTRISI PADA TUMBUHAN

PROSES PEROLEHAN NUTRISI PADA TUMBUHAN

 PROSES PEROLEHAN NUTRISI PADA TUMBUHAN
Tumbuhan memerlukan kombinasi yang tepat dari berbagai nutrisi untuk tumbuh,berkembang, dan bereproduksi. Ketika tumbuhan mengalami malnutrisi, tumbuhanmenunjukkan gejala-gejala tidak sehat.Nutrisi yang terlalu sedikit atau yang terlalu banyakdapat menimbulkan masalah.
Nutrisi tumbuhan dikategorikan menjadi 2 kelompok, yaitu :
1.    Makronutrien.
Makronutrien adalah elemen-elemen yang dibutuhkan tumbuhan dalam jumlah banyak, yaitunitrogen, kalsium, potasium, sulfur, magnesium, dan fosfor.
2.    Mikronutrien
Mikronutrien adalah elemen-elemen yang dibutuhkan tumbuhan dalam jumlah sedikit, sepertibesi, boron, mangan, seng, tembaga, klor, dan molybdenum.
Baik makro dan mikronutriendiperoleh akar tumbuhan melalui tanah.Akar tumbuhan memerlukan kondisi tertentu untuk dapat mengambil nutrisi-nutrisi tersebutdari dalam tanah.
Syarat kondisi  tanah yang dapat diambil nutrisinya antara lain :
1.    Tanah harus lembap sehingga nutrien dapat diambil dan ditransportoleh akar.
2.    pH tanah harus berada dalam rentang dimananutrien dapat dilepaskan darimolekul tanah.
3.    Suhu tanah harus berada dalam rentang dimana pengambilan nutrient oleh akar dapat terjadi.
Pertumbuhan tanaman tidak hanya dikontrol oleh faktor dalam (internal), tetapi jugaditentukan oleh faktor luar (eksternal).Salah satu faktor eksternal tersebut adalah unsur haraesensial. Unsur hara esensial adalah unsur-unsur yang diperlukan bagi pertumbuhan tanaman.Apabila unsur tersebut tidak tersedia bagi tanaman, maka tanaman akan menunjukkan gejalakekurangan unsur tersebut dan pertumbuhan tanaman akan terhambat. Berdasarkan jumlahyang diperlukan kita mengenal adanyaunsur hara makro dan unsur hara mikro.

Tanaman merupakan organisme autotrofik, artinya mampumembentuk makannya sendiri (senyawa organik) dari bahan-bahan anorganik melalui proses fotosintesis.
Akar, batang, daun sudah teradaptasi sedemikian rupauntuk mendukung keperluan tumbuhan dalam memperoleh dan mengolahnutrisi baik daritanah maupun udara.Tumbuhan hijau dapat membuat makanan sendiri dengan fotosintesis.
Fotosintesis adalah proses pembentukan zat makanan (glukosa) pada tumbuhan yang menggunakan zat hara, air dan karbondioksida dengan bantuan sinar matahari.
Fotosintesis sangat penting bagi kehidupan.Selain menghasilkan zat makanan pada tumbuhan, proses ini juga menghasilkan oksigen yang dibutuhkan bagi pernafasan manusia. Proses fotosintesis terjadi pada daun tumbuhan.
Proses fotosintesis ini tidak berlangsung pada semua sel tetapi hanya pada sel yang mengandung pigmen fotosintetik. Disamping itu proses fotosintesis juga dipengaruhi oleh kemampuan daun menyerap spektrum cahaya, perbedaan ini disebabkan oleh adanya perbedaan pigmen pada jaringan daun.
Kloroplas adalah zat hijau daun yang terdapat pada semua tumbuhan yang berwarna hijau.Di dalam kloroplas terdapat klorofil.Kloroplas adalah salah satu pigmen fotosintetik yang berperan penting dalam proses fotosintesis dengan menyerap energi matahari.
Pigmen fotosintesis ini terdapat pada membran tilakoid.Pengubahan energi cahaya menjadi energi kimia berlangsung dalam tilakoid dengan produk akhir berupa glukosa yang dibentuk di dalam stroma.Klorofil sendiri sebenarnya hanya merupakan sebagian dari perangkat dalam fotosintesis yang dikenal sebagai fotosistem.Fotosistem adalah unit dari tumbuhan yang menangkap energi matahari (klorofil).

Persamaan reaksi kimia fotosintesis adalah sebagai berikut :

6H2O + 6CO2+ cahaya → C6H12O6 (glukosa) + 6O2
Lambat cepatnya proses fotosintesis ditentukan oleh :
1.    Intensitas cahaya, laju fotosintesis maksimal jika banyak cahaya.
2.    Suhu, enzim yang bekerja pada proses ini maksimal pada suhu yang diinginkannya.
3.    Banyaknya karbondioksida, semakin banyak semakin maksimal proses fotosintesis.
4.    Banyaknya air, semakin maksimal jika jumlah air banyak.
5.    Tahapan pertumbuhan, tumbuhan yang masih berkecambah menunjukan laju fotosintesis yang maksimal dari pada tumbuhan yang dewasa.


 
 
Bahan yang digunakan:Air dan karbondioksida dengan bantuan cahaya matahari.Reaksi fotosintesis :6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6(glukosa) + 6O2


Hasil fotosintesis adalah glukosa (C6H12O6). Glukosa dalam tubuh tumbuhan dapat diubah menjadi pati, protein danlemak dalam proses asimilasi.Gb. Proses fotosintesis
Pada dasarnya, rangkaian reaksi fotosintesis dapat dibagi menjadi dua bagian utama: reaksi terang (karena memerlukan cahaya) dan reaksi gelap (tidak memerlukan cahaya tetapi memerlukan karbon dioksida).
Dalam fotosintesis terjadi dua reaksi Yitu reaksi terang dan reaksi gelap.Reaksi terang terjadi pada tilakoid, sedangkan reaksi gelap terjadi pada stroma dari kloroplas.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!