Home » » Pengertian biosfer dan antroposfer

Pengertian biosfer dan antroposfer

Pengertian biosfer dan antroposfer
Pengertian biosfers
Ditinjau dari etimologinya, istilah biosfer terdiri dari dua kata yaitu Bios dan Spere. Bios artinya hidup sedangkan spere artinya lapisan. Jadi biosfer berarti lapisan hidup, artinya tempat makhluk hidup atau organisme. Biosfer adalah lapisan permukaan bumi, air dan udara yang mendukung kehidupan organisme. Biosfer meliputi tanah air dan udara yang merupakan lapisan tipis sekitar 8 Km kea rah atmosfer dan 9 Km kearah kedalaman laut. Sejauh yang diketahui manusia hanya pada lapisan tersebutlah dijumpai adanya kehidupan organism.
Penyebaran jasad hidup dipermukaan bumi  tidak merata, penyebaran tergantung pada beberapa factor seperti kesuburan tanah, iklim, suhu, keadaan air, ketinggian tempat dari permukaan bumi. Ditunjang dengan keadaan alam yang berbeda-beda maka jenis flora dan fauna yang bisa hidup pun berbeda-beda.  Misalnya untuk daerah kutub maka jenis fauna yang bisa hidup di daerah ini adalah binatang yang berbulu tebal karena suhunya yang dingin dan sebagainya.

Pengertian antropospere
Antroposfer berasal dari kata latin antropos yang artinya manusia dan sphaira yang artinya lingkungan. Jadi Antropospere artinya Lingkungan bagian dari bumi/biosfer yang dihuni manusia. Pembahasan antroposfer sangat luas misalnya lokasi pemukiman, lingkungan sekitar pemukiman, jumlah penduduk di kawasan pemukiman, vegetasi sekitar pemukiman, dll

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!