Home » , » Tips dan Cara Merawat Baterai Laptop

Tips dan Cara Merawat Baterai Laptop

baterai laptop
Catatan Maznoer - Tips dan cara merawat baterai laptop. Siapa yang gak geram coba,, kalau baterai laptop yang baru saja kita pakai cepat habis. Itu pernah terjadi pada teman saya yang akan presentasi di kelas, yang awal mulai baterai laptopnya penuh, baru setengah jam saja sudah habis/ngedrop. Mungkin saja dia belum baca tips atau cara merawat baterai laptop di catatan maznoer  ini. hehehe

Memang, semua barang elektronik itu ada masa pakainya dan suatu ketika akan mengalami yang namanya RUSAK. Sama halnya dengan semua makhluk Tuhan, ada masanya dan akan rusak. Makanya baterai laptop perlu dirawat agar bisa lebih awet.

Berikut adalah tips atau cara untuk merawat baterai agar lebih awet dan tahan lama.

  • Jangan biarkan baterai laptop sampai KOSONG.
  • Jangan menggunakan laptop diatas benda yang empuk. Seperti kasur,bantal, dll. karena akan mengganggu sirkulasi udara pada laptop. 
  • Gunakan cooling pad, dengan demikian akan membuat suhu laptop dan baterai lebih dingin. Suhu panas akan membuat baterai laptop rusak dan cepat ngedrop.
  • Copot baterai ketika ingin menggunakan laptop dalam jangka lama. karena kalau tidak, Anda akan bolak-balik recharge baterai yang membuat baterai cepat rusak. Dan jangan sembarangan mencopot baterai laptop. Copotlah baterai laptop saat laptop dalam keadaan mati (shut down).
  • Redupkan layar laptop, dengan begitu energi baterai tidak akan cepat habis.
  • Matikan Bluetooth, Wi-fi, dan semua aplikasi ketika sudah tidak dipergunakan lagi. karena  akan manyedot dan menyia-nyiakan energi baterai. 
  • Hindari kerja multitasking. Jangan membuka banyak aplikasi bersamaan.  semakin banyak aplikasi yang dibuka maka semakin banyak pula energi baterai yang dikeluarkan.
  • Hindari aktivitas multimedia. jangan mendengarkan musik atau menonton video dengan memakai CD/DVD. karena akan lebih banyak memakan energi baterai. sebaiknya, kalau ingin mendengarkan musik atau menonton film/video, copy dulu filenya ke hardisk.


Sumber : metrotvnews.com

2 comments:

  1. makasih banyak ya gan buat info-infonya

    ReplyDelete
  2. Oh gitu cara merawatnya sangat berguna nih...

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!