Home » , » Tips Tidur yang Sehat

Tips Tidur yang Sehat

Catatan MazNoer - Tips Tidur yang Sehat. Sudah sehatkah posisi tidur Anda!! Untuk memperoleh kualitas tidur yang maksimal, tidak ada tips yang lebih baik dari pada tips berikut. Yaitu "Tidurlah seperti tidurnya Nabi Muhammad SAW".




Sederhana bukan tipsnya. Nabi Muhammad SAW lahir ke dunia tidak lain untuk menyempurnakan akhlak. Termasuk di dalamnya kepribadian yang Agung dari diri Rasulullah, salah satunya adalah dalam hal tidur.

Ibnu Qayyim berkata: “Barangsiapa yang memperhatikan pola tidur dan bangun beliau, niscaya mengetahui bahwa tidur beliau tersebut paling proporsional dan paling ber-manfaat untuk badan, organ, dan kekuatan”.

Lalu bagaimanakah cara/tips tidur ala Rosulullah yang menyehatkan itu...?

1. Berwudlu ketika akan berangkat tidur.
Dari al-Barra` bin Azib, Rasulullah Muhammad saw pernah bersabda, "Apabila kamu hendak tidur,maka berwudhulah (dengan sempurna) seperti kamu berwudhu untuk shalat, kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan".


2. Berdoa sebelum tidur

Kalau Anda muslim, doanya " Bismika allahumma ahya wa bismika amuut" atau "Bismika Allahumma Amut wa Ahyaa"

Rasulullah Muhammad saw jika mau tidur berdoa, "Bismika Allahumma Amut wa Ahyaa" (Dengan nama-Mu ya Allah aku mati dan hidup) Bila bangun tidur berdoa, "Alhamdulillahillaji ahyana ba’da maa ama tanaa wa ilayhinnusur." (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati, dan kepada-Nya kami kembali." (HR. Muslim)

3. Miring ke sebelah kanan

Seperti hadits pada nomor 1, disitu ditulis "kemudian berbaringlah di atas sisi tubuhmu yang kanan".

4. Sedikit menekuk kaki.

Hal ini dilakukan karena bisa membantu organ-organ dan otot-otot perut kita agar mendapatkan relaksasi yang lebih sempurna. dan tidurpun akan lebih nyaman.

5. Meletakkan tangan tepat dibawah pipi sebelah kanan.

Seperti hadits Rosulullah yang bunyinya : “Rasulullah Muhammad saw apabila tidur meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.” (HR. Abu Dawud no. 5045, At Tirmidzi No. 3395, Ibnu Majah No. 3877 dan Ibnu Hibban No. 2350)

6. Jauhi posisi tidur dengan tengkurap.
Karena posisi tidur tersebut sangat dimurkai Allah SWT. dan merupakan posisi tidur yang tidak sehat.
“Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla.” (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shohih)

Sumber : kaskus.co.id




0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!