Catatan Kecil Si Anak Gunung

Klasifikasi makhluk hidup

Artikel terkait : Klasifikasi makhluk hidup

 1.      Pengertian klasifikasi
Mengingat objek yang akan diklasifikasikan begitu besar dan beragam,diperlukan penyerdanaan terhadap objek tersebut terlebih dahulu. Salah satu cara penyerdanaan terhadap tersebut adalah dengan membuat klasifikasi.  

 Dalam pengertian biologi klasifikasi diartikan sebagai sesuatu yang menyangkut persamaan sifat sebagai akibat atau perwujudannya dari suatu proses evaluasi. Dengan demikian, pengetahuan ini dapat dimanfaatkan untuk memahami arti keanekaragaman makhluk hidup yang ada pada masa lalu dan masa kini. Dalam system klasifikasi, kelompok-kelompok yang berbentuk dari hasil pengklasifikasikan makhluk hidup disebut takson. Jadi takson merupakan tingkatan klasifikasi. 

Dalam mengadakan pengklasifikasian makhluk hidup  para ahli biologi biasanya menggunakan aturan atau system tertentu sehingga lahir istilah sistematik. Sistematika adalah suatu ilmu yang mengakaji jenis-jenis dan keanekaragaman serta tata nama makhluk hidup. Perlu kalian ketahui bahwa sistematika hingga saat ini merupakan salah satu dari ilmu biologi. 

2.      Tujuan dan manfaat klasifikasi
Klasifikasi memiliki terapan penting bagi kepentingan manusia, yaitu:
a.       Pengelompokan memudahkan kita mempelajari organisme yang beranekaragam.
b.      Klasifikasi dapat digunakan untuk melihat hubungan kekerabatan antara makhluk hidup yang satu dengan yang lain.misalnya harimau dan kucing sama-sama menyusui, bertulang belakang,berkaki empat,karnivora ,dan berambut. 

3.      Dasar-dasar klasifikasi
Lain halnya dalam biologi, pengklasifikasikan makhluk hidup lebih ditekankan pada cirri-ciri dan sifat-sifat makhluk hidup. Dengan demikian, proses pegklasifikasikan tersebut selalu didasarkan persamaan-persamaan diantara perbedaan-perbedaan. Adapun persamaan –persamaan yang biasa digunakan dalam mengkalsifikasikan makhluk hidup antara lain berdasarkan morfologi,anatomi,fiologi,biokimia, dan genetika.

4.      Langkah-langkah dalam  klasifikasi
Beberapa lagkah yang perlu kita lakukan untuk mengadakan klasifikasi terhadap makhluk hidup adalah sebagai berikut.
a.       Pencandraan( identifikasi) sifat-sifat makhluk hidup
 Setiap makluk hidup mempunyai cirri dan sifat yang berbeda satu terhadap yang lain. Semua cirri dan sifat makhluk hidup tersebut dapat dipelajari dan digunakan untuk klasifikasi.kegiatan ini untuk mengenali cirri-ciri dan sifat-sifat makhluk hidup. Mencanra merupakan lagkah pertama dalam klasifikasi.

b.      Pengelompokan berdasarkan ciri-ciri
Setelah masing-masing makhluk hidup yang dipelajari diketahui cirri dan sifatnya, selanjutnya dilakukan pengelompokan berdasarkan persamaan sifat-sifatnya. Misalnya anjing,kucing, dan sapi  dimasukkan dalam satu kelompok yaitu kelompok hewan mamalia.

c.       Pemberian nama kelompok(takson)
Setelah organism dikelompokkan berdasarkan cirri-cirinya, proses berikutnya adalah pemberia nama takson kelompok tersebut. Misalkan ayam.itik, dan burung dimasukkan ke dalam kelompok burung atau aves. Kadal,cecak dan buaya, dimasukkan kedalam kelompok reptilian.

Pengelompokkan mahkluk hidup atas dua kingdom

Tumbuhan
Hewan
Tubuh mengandung selulosa yang dapat member bantuan
Bergerak dengan bagian-bagian tubuhnya
Hampir semua mengandung pigmen berwarna hijau(klorofil)
Tidak mempunyai klorofil
Dapat membuat makanan sendiri dari bahan udara,air dan cahaya matahari
Tidak dapat membuat makanan sendiri


5.      Urutan tingkatan takson dalam klasifikasi
Pengelompokan diurutkan dari yang terendah yaitu spesies ketingkatan yangpaling tinggti kingdom kerajaan.
a. Spesies merupakan satuan unit atau dasar klasifikasi dua organism atau lebih dimasukkan dalam satu spesies yang sama jika organism dapat melakukan perkawinan alami dan menghasilkan keturunan fertil.

b. Genus ialah tingkatan takson yang memiliki beberapa spesies yang berbeda sebagai anggotanya.misal : anjing dan serigala berbeda spesiesnya tapi masih dalam satu genus. Yaitu dengan nama marga canninus(gigi taring).

c. Family adalah tingkatan takson yang anggotanya terdiri dari beberapa marga atau genus. Genus canis (marga anjing) dimasukkan dalam family canidae ( keluarga anjing)
d.      Ordo (bangsa)
Ordo adalah tingkatan takson yang menghimpun beberapa family. Family canidae (kelompok anjing).
e.       Classis (kelas)
Beberapa ordo yang memiliki persamaan cirri dinamakan dalam satu kelas.. ordo carnivora bersama-sama
f.       Phylum (filium) atau division (divisi)
Filum atau digunakan untuk menunjuk suatu kelompok makhluk hidup  sebagian besar cirinya sama. Seluruh tumbuhan yang memiliki bunga sebagai alat perkembangbiakan dimasukkan dalam divisianthophyta: seluruh hewan yang kakinya bersegmen-segmen dimasukkan dalam filum arthropoda. 

6.      Tata nama binomial
Berikut ini beberapa kaidah dalam penulisan nama ilmiah untuk setiap jenis makhluk hidup.
a.       Menggunakan bahasa latin atau yunani yang sudah dilatinkan.
b.      Penulisan nama genus selalu diawali dengan huruf capital,sedangkan nama spesies ditulis dengan huruf kecil. Nama spesies dicetak miring atau digaris bawahi.
Contoh:Oryza  sativa(padi)

Artikel Catatan Maznoer Lainnya :

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!

Copyright © 2015 Catatan Maznoer | Design by Bamz