Trik promosi murah

Tags

   Selama ini mungkin kita beranggapan bahwa untuk mempromosikan suatu produk (barang dan jasa) membutuhkan biaya yang tidak murah.  Tapi itu memang benar, berapa ratus juta bahkan milyaran  rupiah yang dikeluarkan suatu perusahaan untuk menampilkan produk mereka di media massa. Bagi perusahaan besar hal ini mungkin menjadi sarana promosi yang  efektif dan efisien, tapi bagaimana bagi perusahaan kecil yang mempunyai dana promosi yang terbatas.
Mungkin  dengan menggunakan trik-trik di bawah ini bisa membantu Anda yang ingin memangkas dana promosi Anda

Berikan layanan yang terbaik,  agar calon customer Anda merasa nyaman dan menaruh rasa hormat kepada Anda. Sehingga besar kemugkinan calon customer tersebut akan membeli produk anda. Kalau mereke memetik manfaat dari produk Anda mereka dengan Cuma-Cuma akan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain. Contoh, “ Eh bu kalau mau beli baju di Toko A saja pelayanannya baik, tidak seperti Toko B, kapok aku beli disana, pelayanannya buruk banget”. ( Sekarang tinggal Anda pilih mau jadi Toko A atau Toko B)
‘Hati-hati dengan perkataan Anda dan perkataan orang lain” 

Manfaatkan teknologi yang ada. Anda bisa mempromosikan produk Anda lewat Website, Blog dan facebook. Produk anda tidak hanya dikenal di sekitar Anda tapi seluruh dunia akan ,mengenal produk Anda

Berikan hadiah sticker  menarik  kepada customer Anda. Sticker bisa menjadi sarana promosi yang efektif dan efisien. Caranya, Suruh customer anda melekatkan sticker tersebut ditempat yang strategis di sekitaran customer Anda tinggal. Dan mau tidak mau orang di sekitarnya akan melihat produk Anda (promosi yang murah kan).  Hadiah sticker tidak perlu diberikan setiap hari, berikan hanya jika ada even-even tertentu. Seperti Lebaran, natal, Tahun baru, dll.

Bergabunglah dengan komunitas bisnis. Keuntungannya, bisa memperluas jaringan kerja, mendapatkan dukungan kerja, dan bisa berpromosi gratis di sana. Untuk informasi tentang komunitas, anda bisa cari dengan bantuan mbah Google

Berikan kualitas yang terbaik, trik ini hamper sama dengan trik 1. Cuma bedanya trik 1 menekankan pada pelayanan, tapi di trik ini menekankan pada kualitas. Produk dikatakan berkualitas  jika sudah melalui 3 tahapan berikut. 1) bahan baku baik, 2) Proses pengerjaan baik, 3) proses finishing baik.
Tidak kalah pentingnya, adalah kemasan. Buatlah kemasan yang baik dan  menarik, kadang customer itu menilai kualitas produk dari kemasannya. 

Semoga bermanfaat……



Artikel Terkait

Maznoer, Sang Pengusaha Muda

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!
EmoticonEmoticon