Selama ini mungkin kita beranggapan bahwa untuk
mempromosikan suatu produk (barang dan jasa) membutuhkan biaya yang tidak
murah. Tapi itu memang benar, berapa
ratus juta bahkan milyaran rupiah yang
dikeluarkan suatu perusahaan untuk menampilkan produk mereka di media massa.
Bagi perusahaan besar hal ini mungkin menjadi sarana promosi yang efektif dan efisien, tapi bagaimana bagi
perusahaan kecil yang mempunyai dana promosi yang terbatas.
Mungkin
dengan menggunakan trik-trik di bawah ini bisa membantu Anda yang ingin
memangkas dana promosi Anda
Berikan layanan yang terbaik, agar calon customer Anda merasa nyaman dan
menaruh rasa hormat kepada Anda. Sehingga besar kemugkinan calon customer
tersebut akan membeli produk anda. Kalau mereke memetik manfaat dari produk
Anda mereka dengan Cuma-Cuma akan merekomendasikan produk Anda kepada orang
lain. Contoh, “ Eh bu kalau mau beli baju di Toko A saja pelayanannya baik,
tidak seperti Toko B, kapok aku beli disana, pelayanannya buruk banget”. (
Sekarang tinggal Anda pilih mau jadi Toko A atau Toko B)
‘Hati-hati dengan perkataan Anda dan perkataan orang
lain”
Manfaatkan teknologi yang ada. Anda bisa
mempromosikan produk Anda lewat Website, Blog dan facebook. Produk anda tidak
hanya dikenal di sekitar Anda tapi seluruh dunia akan ,mengenal produk Anda
Berikan hadiah sticker menarik
kepada customer Anda. Sticker bisa menjadi sarana promosi yang efektif
dan efisien. Caranya, Suruh customer anda melekatkan sticker tersebut ditempat
yang strategis di sekitaran customer Anda tinggal. Dan mau tidak mau orang di
sekitarnya akan melihat produk Anda (promosi yang murah kan). Hadiah sticker tidak perlu diberikan setiap
hari, berikan hanya jika ada even-even tertentu. Seperti Lebaran, natal, Tahun
baru, dll.
Bergabunglah dengan komunitas bisnis. Keuntungannya,
bisa memperluas jaringan kerja, mendapatkan dukungan kerja, dan bisa berpromosi
gratis di sana. Untuk informasi tentang komunitas, anda bisa cari dengan
bantuan mbah Google
Berikan kualitas yang terbaik, trik ini hamper sama
dengan trik 1. Cuma bedanya trik 1 menekankan pada pelayanan, tapi di trik ini
menekankan pada kualitas. Produk dikatakan berkualitas jika sudah melalui 3 tahapan berikut. 1)
bahan baku baik, 2) Proses pengerjaan baik, 3) proses finishing baik.
Tidak kalah pentingnya, adalah kemasan. Buatlah
kemasan yang baik dan menarik, kadang
customer itu menilai kualitas produk dari kemasannya.
Semoga bermanfaat……
No comments
Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!