Home » » Cara mengobati asam urat

Cara mengobati asam urat


Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara-cara untuk mengobati asam urat (uric acid), ada baiknya kita tahu dulu apa sih yang dimaksud dengan asam urat itu? Asam urat adalah sisa dari metabolisme zat purin (zat yang terdapat dalam bahan makanan yang telah kita konsumsi yang juga hasil dari pemecahan sel dalam darah manusia).

Karena asam urat tersebut adalah sisa dari metabolisme (bersifat racun), tentunya selanjutnya akan dibuang dari tubuh melalui feses dan urine. Tapi bagaimana kalau ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat secara keseluruhan? Tentu kadar asam urat didalam tubuh akan meningkat. Asam urat yang menumpuk dalam tubuh selanjutnya akan terkumpul dalam persendian sehingga inilah yang menjadi penyebab terjadinya gejala sakit asam urat yaitu timbulnya rasa nyeri,linu, atau bengkak pada persendian.

Biasanya penderita asam urat tersebut tidak tahan dengan rasa nyeri tersebut dan mengambil solusi sendiri dengan membeli obat asam urat (biasanya obat tersebut dibeli di toko-toko terdekat) yang bisa menyembuhkan dalam waktu singkat. Kelihatannya usaha tersebut berhasil untuk mengobati sakit asam uratnya. Tetapi benarkah seperti itu…?

Ingat sesuatu yang instan itu belum tentu baik. Kita harus teliti dalam memilih obat, banyak obat-obat yang beredar di masyarakat yang ilegal. Obat-obat asam urat tersebut cenderung mempunyai dosis yang tinggi, jadi tidak heran kalau bisa menyembuhkan rasa sakit tersebut dalam waktu singkat. Tapi walaupun demikian, efek sampingya cukup tinggi. Bisa-bisa jantunglah yang kena dampaknya. Selain itu penderita asam urat ini hanya mengalami penyembuhan hanya 2-3 hari saja, setelah itu penyakit asam uratnya kambuh lagi. Jadi hati-hati dalam memilih obat, pastikan obat tersebut sesuai dengan resep dokter.

Gejala dari asam urat :
- Timbulnya rasa nyeri dan linu pada persendian
- Terjadi pembengkakan,kemerahan dan panas pada persendian

Berikut adalah solusi untuk mengatasi /mengobati asam urat:
- Pola makan yang teratur
- Melakukan pengobatan sampai kadar asam uratnya normal
- Banyak minum air putih, dengan begitu bisa membantu dalam pembuangan zat purin yang ada dalam tubuh.
- Kurangi atau kalau perlu hindari makanan yang banyak mengandung purin, Antara lain: Jeroan, makanan laut, Makanan kaleng(kornet dan sarden),daging,telur,kacang-kacangan,bayam,kangkung,kol,buah-buahan seperti durian, nanas,alpukat, minuman berakohol)

Selain tips tips untuk mengatasi atau mengobati asam urat diatas, ada baiknya juga kalau Anda tingkatkan ibadah Anda, jangan sampai meninggalkan sholat 5 waktu, seraya berdoa memohon ampunan dan memohon diberikan kesembuhan pada penyakit asam urat Anda. Yang penting bagi kita selaku manusia adalah BERUSAHA DAN BERDOA, Keduanya harus selalu beriringan tanpa meninggalkan salah satunya.

Semoga Tips-tips dalam mengobati asam urat diatas bermanfaat,,,

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!