Home » » Ciri-Ciri Orang Dikatakan Dewasa

Ciri-Ciri Orang Dikatakan Dewasa

Ciri-Ciri Orang Dikatakan Dewasa
Ciri-Ciri Orang Dikatakan Dewasa - Bertambah usia itu pasti, tapi menjadi dewasa itu PILIHAN. Banyak orang dengan usia yang bisa dikatakan cukup tua tetapi sifat dan kelakuannya seperti anak kecil. Mmmm,, maksud dari anak kecil disini bukanlah anak yang masih suka menagis, sering ngompol, minta disuapin kalau makan,, bukan, bukan seperti itu. Tetapi lebih cenderung kekanak-kanakan.

Di catatan kali ini, Maznoer hanya ingin mengulas sedikit tentang ciri-ciri orang bisa dikatakan DEWASA. Menurut saya, orang itu bisa dikatakan dewasa jika dalam kehidupan bermasyarakatnya selalu mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi. Orang yang dewasa rela mengorbankan sebagian kecil kepentingannya demi terealisasinya kepentingan yang lebih besar. jadi kalau ada orang yang masih mementingkan perutnya sendiri, itu bukan sikap yang dewasa walaupun umurnya sudah berkepala 4 atau 5. Contohnya KORUPTOR yang suka memakan uang rakyat untuk perutnya sendiri dan keluarganya.. Naudubillah,, semoga Allah menyadarkan mereka...

Ciri yang kedua adalah, Orang dewasa selalu tanggap terhadap lingkungan. Atau  mempunyai rasa kepedulian terhadap lingkungan disekitarnya. Sikap acuh, tidak memperdulikan sesuatu masalah yang ada di sekitarnya adalah sikap orang yang masih kekanak-kanakan. Contoh kecil, dilingkungan Anda misalnya masih banyak anak yang belum bisa baca Al-Quran,, Kira-kira apa yang akan Anda lakukan?

Ciri ketiga yaitu, orang dewasa selalu menghargai hasil jerih payah orang lain. Kira-kira apa yang dirasakan seseorang ketika hasil karyanya dipuji? Orang itu pasti senang bukan. Dan membuat senang orang lain bukankah itu bernilai ibadah juga buat kita.

Ciri yang keempat adalah, Orang dewasa selalu berfikir sebelum bertindak. Mereka selalu berhati-hati dalam melangkah dan memutuskan apa yang akan mereka kerjakan. Tentu dalam konteks ini berfikir yang positif.

Ciri yang kelima yaitu, Orang dewasa selalu bisa memperlakukan lawan jenisnya dengan selayaknya. Kalau Anda pria, selalu bisa memperlakukan wanita selayaknya mereka sebagai wanita, begitu juga sebaliknya. Menurut Vernon Howard, seorang psikolog asal Amerika menyatakan bahwa dalam hubungan antara pria dan wanita berlaku tiga hal berikut: 1) Hubungan dua pikiran yang dewasa akan selalu memberikan al yang baik 2) Hubungan antara seorang yang berpikiran dewasa dengan seorang yang tidak berpikiran dewasa  sama sekali tidak akan langgeng, 3) Hubungan antara dua pikiran yang tidak dewasa bisa saling memanfaatkan, tetapi mereka tidak akan pernah bisa saling mencintai.

Itulah beberapa ciri-ciri orang bisa dikatakan dewasa versi Maznoer. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel Maznoer yang lain

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!