Home » » Pengertian Metabolisme

Pengertian Metabolisme

Metabolisme ( berasal dari bahasa Yunani, metabole = “berubah”), merupakan suatu rangkaian atau proses yang terarah dan teratur di dalam sel tubuh melalui reaksi-reaksi kimiawi ,sehingga diperlukan atau dihasilkan bahan-bahan tertentu seperti unsur, molekul, senyawa atau  energi.

Berdasarkan proses dan hasilnya, metabolisme dibedakan menjadi dua, yaitu:
 1. Anabolisme (penyusunan)
 Anabolisme adalah peristiwa penyusunan senyawa kompleks (organik) dari senyawa sederhana (anorganik) dengan bantuan energi dari luar. Energi yang digunakan dapat berasal dari cahaya matahari (foton) maupun berasal dari pemecahan senyawa kimia anorganik . Karena dalam reaksi ini dibutuhkan energi dari luar maka reaksinya termasuk endotermis (endergonik).  Contoh peristiwa anabolisme adalah fotosintesis (energinya berasal dari cahaya matahari dan kemosintesis (energinya berasal dari pemecahan senyawa kimia anorganik)

2. Katabolisme (pemecahan)
Katabolisme adalah peristiwa pemecahan senyawa kompleks (organik) menjadi senyawa sederhana (anorganik) yang akan membebaskan energi. Karena reaksi ini menghasilkan energi maka reaksinya termasuk eksotermis (eksergonik). Contoh peristiwa katabolisme adalah fermentasi .

Proses fisiologi tersebut (anabolisme dan katabolisme) dapat berlangsung jika ada zat-zat penggiat (biokatalisator). Salah satu biokatalisator yang akan kita bahas adalah enzim. Enzim merupakan senyawa organik yang tersusun oleh senyawa protein dan nonprotein  untuk menjalankan proses-proses biokimiawi dalam sistem hayati.     

0 comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas dengan baik dan sopan!